Tuesday, October 21, 2014

Tips Alami Atasi Panas Dalam Anak Anda

Panas dan demam yang terjadi pada anak kecil biasanya membuat orang tua menjadi sangat gugup dan terkadang malah jadi bengong tidak tahu apa yang harus dilakukan. Hal tersebut menjadikan keadaan anak akan semakin riskan. Dan sudah banyak ditemui dilapangan, bahwa salah antisipasi dalam penanganan panas demam tinggi pada anak, akan menyebabkan terjadinya berbagai macam hal yang tidak diinginkan, salah satunya adalah step atau bahkan menjadikan kelainan pada anak baik itu berupa kelainan pada fisik, misal mata juling atau bahkan mengganggu mental anak.

Memang, memberikan pertolongan kepada anak yang terkena panas dalam salah satunya adalah dengan memberi obat penurun panas pada anak. Atau dengan langsung membawa ke dokter untuk pemeriksaan anak.

Pertolongan awal untuk anak yang mengalami panas dalam dapat dilakukan dengan memanfaatkan bahan yang biasanya digunakan untuk bahan bumbu dapur. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa cara mengatasi panas dalam yang menimpa anak anda.

Dengan menggunakan Kunyit

Dengan kandungan Dengan kandungan minyak atsiri serta , curcumin, turmeron dan zingiberen yang berfungsi sebagai antibakteri dan untuk antioksidan yang berguna untuk menurunkan panas dan demam pada anak. Cara menggunakannya adalah dengan terlebih dahulu memarut satu ruas kunyit dengan dicampur gelas air panas. Dinginkan lalu diperas ambil air sarinya lalu dicampur jeruk nipis serta sedikit madu. Minumkan pada anak yang mengalami panas demam.

Menurunkan panas dan demam pada anak dengan Temulawak

Khasiat temulawak sangat banyak, diantaranya adalah untuk menurunkan panas dan demam obat diare dan juga sakit maag. Dengan kandungan , xanthorrhizol dan germacrene serta alpha betha curcumena, temulawak dipercaya sebagai bahan alami yang mampu menurunkan panas demam pada anak. Penggunaannya hampir sama dengan kunyit, namun temulawak hanya butuh tambahan campuran madu, lalu diaduk hingga bercampur rata. Lalu diminumkan pada anak yang menderita panas dan demam sehari tiga kali.

Bawang merah untuk meredakan panas demam anak

Bawang merah juga merupakan salah satu bumbu dapur yang bisa digunakan untuk menurunkan panas demam pada anak. Mempunyai kandungan zat yang sangat bagus untuk menurunkan panas yaitu zat kaemferol, floroglusin serta minyak Atsiri, metilaliin dan sikloaliin. Pemakaiannya dengan memarut dan melembutkan Bawang merah lalu dibubuhkan pada ubun ubun kepala dan juga pada kening serta dada anak yang menderita sakit panas demam.

Ketiga cara praktis dan tips alami untuk menurunkan panas dalam anak yang tertera diatas merupakan cara tradisional yang selama ini masih dipakai oleh penduduk pedesaan untuk menyembuhkan anak saat mengalami panas demam. Kita bisa mencontohnya, tapi kita harus waspada, jika panas masih belum turun dalam dua hari, sebaiknya pertolongan dokter adalah yang utama.

No comments:

Post a Comment